PRAKTIKUM FISIKA
Nama Siswa : ……………………………………………………………………
Kelas : ……………………………………………………………………
Hari/Tanggal : …………………………………………………………………..
Pengukuran Kalor Jenis Zat Cair
Teori
Kalor merupakan bentuk energi yang paling banyak dijumpai. Pada proses pemanfaatan energi panas, fluida dalam bentuk zat cair adalah zat yang paling banyak dimanfaatkan. Dahlan (2015) menjelaskan bahwa pemanfaatan fluida digunakan sebagai aspek utama seperti pada penggerak turbin pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ataupun sebagai alat bantu pendikit yang menyerap panas berlebih dengan baik.
Air sebagai zat yang paling banyak dimanfaatkan dalam bentuk pemanfaatan energi panas memiliki spesifikasi kalor jenis yang spesifik . Giancoli (2005) menuliskan bahwa air sebanyak 1 Kg pada suhu 14,5°C membutuhkan 4.180 joule untuk naik ke 15,5°C. Berdasarkan informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa air memiliki kalor jenis rata-rata sebesar 4.180J/Kg°C.
Lantas bagaimana cara mengukur besar kalor jenis tersebut? Percobaan ini bertujuan untuk mengukur kalor jenis air dengan cara sedrhana.
Persamaan energi kalor yaitu:
Q = m Cair ∆T
Keterangan:
Q = banyaknya kalor (J)
m = massa zat (Kg)
∆T= perubahan suhu °C
Jika energi panas yang diberikan berasal dari energi listrik maka energi panas dapat disubstitusi dengan persamaan:
Elistrik = V i t
Dengan
V = tegangan listrik (V)
i = kuat arus (A)
t = lama pemberian energi (t)
Pada percobaan energi panas yang digunakan berasal dari energi listrik maka digunakan rumus untuk analisis data sebagai berikut:
Q = m. C. ∆T dan Q = E = V. I. t
Cair = V. I. t
m. ∆T
Rumusan Masalah
- . Bagaimanakah hubungan antara suhu air terhadap lama pemanasan air?
- . Berapakah kalor jenis zat cair yang digunakan dalam percobaan?
Tujuan Percobaan
- Untuk mengetahui hubungan antara suhu air terhadap lama pemanasan air.
- Untuk mengetahui kalor jenis air.
Alat dan Bahan
- 1. Pemanas air (Kalorimeter)
- 2. Termometer
- 3. Stopwatch
- 4. Air
- 5. Multimeter
- 6. Power Supply
- 7. Timbangan
- 8. Kabel Connector
Prosedur Percobaan
- 1. Siapkan alat dan bahan.
- 2. Ukurlah kuat arus dan tegangan listrik dari sumber energi listrik yang digunakan.
- 3. Ukurlah massa air sebanyak kurang lebih 1 liter.
- 4. Panaskan air dengan cara menghubungkan rangkaian pada sumber arus. Tunggu beberapa saat sampai suhu air mulai naik.
- 5. Nyalakan stopwatch bersamaaan dengan penentuan suhu awal perhitungan, kemudian catat waktu yang dibutuhkan untuk setiap kenaikan 2 °C.
- 6. Catat hasil pengamatan anda pada tabel pengamatan.
Tabel Data Hasil Pengamatan
Tabel Hubungan Antara Lama Pemanasan Terhadap Kenaikan Suhu.
m = ……………….. Kg V = ………………… Volt i = ………………………… A
No |
∆T (°C) |
t (sekon) |
Cair (J/Kg°C) |
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
5 |
|
|
|
6 |
|
|
|
7 |
|
|
|
8 |
|
|
|
Rata-rata |
|
Grafik
Grafik hubungan antara lama pemanasan terhadap kenaikan suhu.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Analisa Data dan Pembahasan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kesimpulan dan Saran
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
0 Komentar